Guru dalam proses belajar mengajar memiliki fungsi yang
sangat strategis dalam melaksanakan tugas mendidik dan mengajar, karena melalui
proses pendidikan akan terbentuklah sikap dan perilaku peserta didik. Guru sebagai
seorang pendidik disebut sebagai seorang muaddib, yaitu orang yang
berusaha mewujudkan budi pekerti yang baik atau akhlakul karimah, atau
sebagai pembentukan nilai-nilai moral atau transfer of values. Sedangkan
guru sebagai pengajar atau mu’allim adalah orang yang mengajarkan
berbagai ilmu pengetahuan kepada peserta didik, sehingga peserta didik
mengerti, memahami, menghayati dan dapat mengamalkan berbagai ilmu pengetahuan
yang disebut sebagai transfer of knowledge.[1]
1.
Pengertian Pendidikan Agama Islam
Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan
peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam
melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan
tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat
beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.[2]
2.
Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam
a. Hubungan manusia dengan Allah SWT.
b. Hubungan manusia dengan sesama
manusia.
c. Hubungan manusia dengan dirinya
sendiri.
d. Hubungan manusia dengan mahkluk lain
dan lingkungannya.
Adapun ruang lingkup bahan pelajaran
pendidikan agama Islam meliputi tujuh unsur pokok, yaitu keimanan, ibadah,
Al-Qur’an, akhlak, muamalah, syari’ah dan tarikh. Pada tingkat Sekolah Dasar
(SD) penekanan diberikan kepada 4 (empat) unsur pokok, yaitu : keimanan,
ibadah, Al-Qur’an dan kahlak.[3]
3.
Landasan Pemikiran Pendidikan Agama
Islam
Islam sebagai agama yang universal memberikan pedoman hidup
bagi manusia menuju kehidupan yang bahagia. Kebahagiaan hidup manusia itulah
yang menjadi sasaran hidup manusia yang mencapaiannya sangat bergantung pada
masalah pendidikan. Guna mendapatkan gambaran tentang konsep pendidikan, para
ilmuwan muslim menawarkan tiga istilah sebagai referensi dalam mengkaji
problematika sistem pendidikan yaitu pendidikan Islam. Diantara mereka adalah
Abdurrahman An-Nahlawi, menurutnya lafadz-lafadz itu adalah tarbiyah, ta’lim
dan ta’dib. Namun Hans Wehr, seorang ahli bahasa mengartikan lafadz “tahzib”
dengan arti ada kesemaannya dengan ketika lafadz sebelumnya.[4]
a. Tarbiyah
Istilah tarbiyah itu sedikitnya bisa memiliki arti 7 (tujuh)
macam education (pendidikan), upbringing (asuhan), teaching
(pengajaran), instruction (perintah), pedagogy (pendidikan), breeding
(pemeliharaan), raising (peningkatan). Istilah tarbiyah sendiri berasal
dari akar kata “raba-yarbu” yang berarti tumbuh dan berkembang. Semuanya
arti itu sejalan dengan lafal yang digunakan oleh Al-Qur’an untuk menunjukkan
proses pertumbuhan dan perkembangan kekuatan fisik, akal dan akhlak. Hal ini
diantaranya nampak dalam ayat :
قال الم نربّك فينا وليداوّلبثت فينا
من عمرك سنين (الشّعراء : 18)
Artinya : “Fir’aun menjawab
“bukankah kami telah mengasuhmu diantara (keluarga) kami, waktu kamu masih
kanak-kanak dan kamu tinggal bersama kami beberapa tahun dari umurmu” (QS.
Al-Syu’ara : 18).[5]
b. Ta’lim
Istilah ta’lim mempunyai dua pola atau bentuk jama’,
pertama ta’lim dengan pola jama’ ta’alim mempunyai sembilan arti
yakni, informasi (berita), advice (nasehat), instruction
(perintah), direction (petunjuk), teaching (pengajaran), training
(pelatihan), schooling (pendidikan di sekolah), education
(pendidikan), apprenticeship (bekerja sambil dengan belajar). Kedua, ta’lim
dalam pola jama’ ta’limat hanya berarti dua macam, yakni : directives
(petunjuk) dan announcement (pengumuman).
Ayat yang oleh para ahli dijadikan dasar proses pengajaran
(pendidikan) diantaranya surat Al-Baqarah ayat 31-32 yang berbunyi :
وعلمّ ادم الاسماء كلها ثمّ عرضهم
علىالملئكة فقال انبئونى باسماء هؤلاء ان كنتم صدقين. قالواسبحنك لا علم لنا الاّ
ما علمتنا انك انت العليم الحكيم (البقرة : 31-33)
Artinya : “Dan dia
mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian
mengemukakannya kepada para malaikat lalu berfirman : “sebutkanlah kepadaku
nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar”, mereka menjawab
“Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah
Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi
Maha Bijaksana”
(QS. Al-Baqarah :
31-32).[6]
Lafal ta’dib setidaknya memiliki empat macam arti,
yaitu education (pendidikan), discipline (ketertiban), punishment
chastisement (hukuman), disciplinary punishment (hukuman demi
ketertiban).
d. Tahzib
Hans Wehr mengartikan tahzib dalam 10 (saepuluh)
arti, yaitu : expurgation (penghilangan yang jelek), emendation
(perbaikan), correction atau rectification (pembetulan), revion
(perbaikan), training (pelatihan), instruction (perintah), education
(pendidikan), upbringing (penumbuhan), culture (kebudayaan), dan refinement
(perbaikan).
Meskipun term untuk pendidikan Islam itu yang digunakan
dalam Al-Qur’an hanya “Al-Tarbiyah” dan “Ta’lim”, tidak
berarti konsep pendidikan Islam tidak menyentuh aspek yang dimiliki oleh
istilah “Al-Ta’dib”, sebab esensi dari sistem pendidikan ini adalah
perbaikan moral.[7]
Jadi pendidikan Islam (islamic education)
merupakan suatu proses pengembangan potensi kreatif peserta didik untuk menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah,berkepribadian muslim, cerdas,
terampil, memiliki etos kerja tinggi, berbudi luhur, dan bertanggung jawab
terhadap dirinya, bangsa, negara dan agama.
Prinsip pendidikan Islam pada dasarnya hampir sama dengan
pola umum pendidikan sebagai pengembangan potensi yang terpendam dari anak
didik. Potensi yang menjadi garapan dalam pendidikan menurut Aristoteles
meliputi kawasan akal (cognitive domain), kawasan perasaan (affective
domain) dan kawasan psikomotorik (psycomotoric domain).[8]
4.
Tujuan Pendidikan Agama Islam
Pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan
keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama
Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah
SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara.
5.
Fungsi Pengajaran Agama Islam
- Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga. Pada dasarnya dan pertama-tama menanamkan berkewajiban menanamkan keimanan dan ketaqwaan dilakukan oleh setiap orang tua dalam keluarga. Sekolah berfungsi untuk menumbuh kembangkan lebih lanjut dalam diri anak melalui bimbingan, pengajaran, dan pelatihan agar keimanan dan ketaqwaan tersebut dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.
- Penyaluran, yaitu untuk menyalurkan peserta didik yang memiliki bakat khusus di bidang agama agar bakat tersebut dapat berkembang secara optimal sehingga dapat dimanfaatkan untuk dirrinya sendiri dan dapat pula bermanfaat untuk orang lain.[9]
- Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan, kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
- Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan peserta didik atau dari budaya lain yang dapat membahayakan dan menghambat perkembangan dirinya sendiri menuju manusia Indonesia seutuhnya.
- Penyesuaian, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial dan dapat mengubah lingkungannya sesuai dengan ajaran Islam.
- Sumber nilai, yaitu memberikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
- Pengajaran, yaitu untuk menyampaikan pengetahuan keagamaan yang fungsional.[10]
6. Pendekatan Pendidikan Agama Islam
a. Pendekatan pengalaman yaitu
memberikan pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka menanamkan
nilai-nilai keagamaan.
b. Pendekatan pembiasaan yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk senantiasa mengamalkan ajaran agamanya.
b. Pendekatan pembiasaan yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk senantiasa mengamalkan ajaran agamanya.
c. Pendekatan emosional, yaitu usaha
untuk menggugah perasaan dan emosi peserta didik dalam meyakini, memahami dan
menghayati ajaran agamanya.
d. Pendekatan rasional, yaitu usha
untuk memberikan perasaan kepada rasio (akal) dalam memahami dan menerima
kebenaran ajaran agama.
e. Pendekatan fungsional yaitu usaha menyajikan ajaran agama Islam dengan menekankan kepada kemanfaatannya bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tingkat perkembangannya.[11]
e. Pendekatan fungsional yaitu usaha menyajikan ajaran agama Islam dengan menekankan kepada kemanfaatannya bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tingkat perkembangannya.[11]
Sedangkan
menurut Nana Sudjana (1989 : 160-161) mengemukakan ada 5 prinsip setrategi
pendekatan PBM yaitu :
- Motivasi
Tidak lepas dari adanya motivasi instriksik dan ekstrinsik
yang berasal dari dalam dan luar diri peserta didik. Dengan demikian PBM pada
hakekatnya adlaah menciptakan situasi yang memungkinkan timbulnya motivasi
dapat ditempuh dengan hal-hal sebagai berikut : 1) need analisis yaitu
memberikan analisis tentang kebutuhan si terdidik agar menyadari akan kebutuhan
masa depannya dan pemenuhan kebutuhan ini hanya akan dapat dicapai oleh orang
yang pandai dan terampil; 2) menumbuhkan keingintahuan dalam diri anak didik;
3) memberi stimulus yang merangsang kegiatan murid; 4) menvariasi metode
mengajar; dan 5) memberikan ganjaran dan hukuman.
- Kooperasi dan kompetisi
Ini dimaksudkan untuk pembentukan sikap kerjasama dalam
mencapai suatu tujuan bersama. Belajar pada dasarnya adalah adanya perubahan
positif, saling memberi dan menerima, saling menghargai pendapat orang lain,
menyadari kelebihan dan kekurangan dan berusaha saling membantu untuk mencapai
tujuan.
Sedangkan kompetisi dimaksudkan untuk saling bersaing
mencapai prestasi, berbuat yang utama, memberi keuntungan dan manfaat bersama, fastabiqul
khairat. Kompetisi ini bukan bersifat kompetisi individual tetapi lebih
bersifat kelompok dan dalam kompetisi ini jangan merusak tatanan kooperasi atau
kerjasama yang ada.[12]
- Korelasi dan integrasi
Korelasi ini berkaitan dengan sifat keterbatasan manusia
untuk mengingat apa yang sudah dipelajari salah satu upayanya adalah dengan
pendekatan korelasi yaitu menghubungkan apa yang dipelajarinya dengan segala
sesuatu yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari atau sesuatu yang telah
dikuasai. Demikian pula dengan pendekatan integrasi tidak ada sesuatu itu
dipelajari itu terpisah dengan kehidupan riil semua merupakan sesuatu yang
utuh.
- Aplikasi dan transformasi
Aplikasi adalah bentuk penerapan teori-teori atau
prinsip-prinsip serta kaidah-kaidah yang telah dipelajari murid. Aplikasi ini
merupakan pengalaman dan memberi manfaat langsung dari ilmu yang telah dikuasainya.
Adapun transformasi adalah proses pengingatan kembali bahan
pelajaran yang dikuasai pada saat menghadapi situasi baru agar bahan pelajaran
yang telah dipelajari itu senantiasa apat segar dalam ingatan siswa.
- Individualisasi
Bahwa setiap peserta didik itu mempunyai perbedaan dalam hal
intelektual, minat, motivasinya, kebiasaan dan cara belajar, maka guru harus
dapat memperhatikan tiap-tiap perbedaan yang ada dalam diri murid-muridnya. Ini
tidak berarti guru harus memberikan pelayanan khusus bagi murid orang perorang,
tetapi menyesuaikan dengan kemampuan rata-rata murid, memberikan bantuan
bimbingan yang memerlukan, memacu anak pandai, memotivasi dan memacu anak yang
lemah, memberi kesempatan untuk maju sesuai dengan kemampuan, memberi tugas-tugas
mandiri, mengelompokkan murid-murid berdasarkan persamaan dan perbedaan yang
ada, memberi kebebasan belajar dan untuk memilih suatu pelajaran ekstra yang
disukainya dan dengan cara-cara yang lain-lain.[13]
[1]Chabib
Thaha dan Abdul Mu’ti, PBM-PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar
Mengajar Pendidikan Agama Islam, Cet. 1, Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo
Semarang dengan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998, hlm. 177.
[4]Ismail SM,
Paradigma Pendidikan Islam, Cet. 1, Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo,
Semarang, 2003, hlm. 57.
[5]Al-Qur’an,
Surat Syu’ara Ayat 18, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an, Al-Qur’an
dan Terjemahnya, Depag RI, 1992, hlm. 574.
[6]Al-Qur’an,
Surat Al-Baqarah Ayat 31-32, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an, Al-Qur’an
dan Terjemahnya, Depag RI, 1992, hlm. 14.
Categories: