Pendidikan yang berwawasan kewirausahaan adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi kearah pembentukan kecakapan hidup (life skill) pada peserta didiknya melalui kurikulum yang terintegrasi yang dikembangkan di sekolah. Tulisan ini mencoba menawarkan suatu model pendidikan yang berwawasan kewirausahaan untuk tingkat pra sekolah dan sekolah dasar. Dengan model ini jika diterapkan diharapkan dunia pendidikan ikut memberikan kontribusi nyata dalam rangka peningkatan mutu SDM di Indonesia. Kerangka pengembangan kewirausahaan di kalangan tenaga pendidikan dirasakan sangat penting. Karena pendidik adalah ‘agent of change’ yang diharapkan mampu menanamkan ciri-ciri, sifat dan watak serta jiwa kewirausahaan atau jiwa ‘entrepreneur’ bagi peserta didiknya. Disamping itu jiwa ‘entrepreneur’ juga sangat diperlukan bagi seorang pendidik. Karena melalui jiwa ini para pendidik akan memiliki orientasi kerja yang lebih efisien, kreatif, inovatif, produktif, serta mandiri. Dengan kondisi dan pandangan bahwa masyarakat membutuhkan TIK dalam kehidupannya, maka usaha dalam bidang IT atau TIK semakin berkembang. Bisnis dijalankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang TIK, baik infrastruktur, hardware, software, sampai pada pengembangan sumber daya manusia untuk dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Program IPTEKS bagi Kewirausahaan ini diharapkan mampu memperkenalkan dunia wirausaha sebagai inisiasi ditumbuhkannya jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa peserta kuliah, sehingga memiliki kemampuan dan keberanian untuk mendirikan suatu unit usaha. Pemilihan usaha kecil menengah (UKM) didasari pada kenyataan bahwa unit usaha ini pada kondisi sekarang lebih banyak berhasil dan tahan banting terhadap kondisi ekonomi yang tidak pasti. Selain itu tujuan dilaksanakannya kegiatan yaitu :

1. Merubah mindset mahasiswa dari seorang pencari kerja (job seeker) menjadi seorang pencipta kerja (job creator).
2. Menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiwa.
3. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif,berani mengambil resiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin, dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial.
4. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of bussines.
5. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
6. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni.
7. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.
Dengan adanya program ini, diharapkan para mahasiswa setelah masa studinya selesai dapat menggunakan pengalaman kewirausahaan ini sebagai bekal untuk bekerja mandiri dan membuka lapangan kerja sendiri. Program ini bertujuan menanamkan budaya serta jiwa wirausaha kepada mahasiswa, menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi dan menciptakan unit bisnis baru yang berbasis IPTEKS. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah menjadikan mahasiswa yang memiliki perilaku wirausaha, mampu berwirausaha yang berbasis IPTEKS, dan menguatkan kapasitas lembaga pengelola pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan kewirausahaan. Output yang diharapkan dari Program IPTEKS BAGI KEWIRAUSAHAAN adalah menghasilkan Young Entrepreneur atau sarjana yang dapat menciptakan kerja.

Categories:

Leave a Reply

sponsor

    Blogger news

    Blogroll

    About